December 7, 2022

Rabol

Ragam Berita Online

Taklukkan Singapura, Indonesia Berhasil Melaju ke Final AFF 2020

AFF

Rabol.idMedan: Tim Nasional Sepakbola Indonesia berhasil menaklukkan Tim Tuan Rumah, Singapura dengan skor 4-2 di babak Semifinal Leg 2 dan melaju ke Final AFF 2020.(Sabtu, 25 Desember 2021)

Sebagai lanjutan Babak Semi Final Piala AFF 2020, Indonesia harus kembali menghadapi Singapura dalam Leg kedua yang berlangsung pada Sabtu, 25 Desember 2021 di National Stadium, Singapura.

Meraih hasil seri 1-1 di Leg yang pertama, Shin Tae-yong dan Tatsuma Yoshida terpaksa harus kembali menurunkan squad terbaiknya untuk merebut poin penuh di Leg yang kedua, apalagi mengingat dihapusnya sistem gol tandang yang menyebabkan peluang kedua tim untuk lolos masih sama.

Line Up :

  • Indonesia : Nadeo Argawinata, Asnawi Mangkualam, Fachrudi Aryanto, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Witan Sulaeman, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Ramai Rumakiek, Ezra Walian.
    Cadangan : Syahrul Trisna, Edo Febriansah, Evan Dimas, Dedik Setiawan, Kushedya Hari Yudo, Egy Maulana Vikri, Victor Igbonefo, Rizky Dwi, Kadek Agung, Irfan Jaya, Hanis Saghara, Elkan Baggott
  • Singapura : Hassan Sunny, Zulqarnaen Suzliman, Irfan Fandi, Safuwan Baharudin, Nur Adam Abdullah, Hami Syahin, Harris Harun, Song Ui-young, Shahdan Sulaiman, Amy Recha, Hafiz Nor
    Cadangan : Izwan Mahbud, Syazwan Buhari, Tajeli Salamat, Nazrul Nazari, Amirul Adli, Ikhsan Fandi, Faris Ramli, Shawal Anuar, Zulfahmi Arifin, Iqram Rifqi, Adam Swandi, Saifullah Akbar

Masuk ke babak pertama, Timnas Indonesia bermain cukup baik dan berhasil menguasai jalannya pertandingan. Pemecah kedudukan pertama kali dibuka oleh Indonesia melalui kemampuan individu yang baik dari Witan Sulaeman yang berhasil di tuntaskan dengan baik pula oleh Ezra Walian dan menjadikan skor 1-0.

Menjelang akhir babak pertama, pemain asal Singapura, Safuwan Baharudin diganjar kartu merah oleh wasit setelah menerima kartu kuningnya yang kedua. Tak lekas putus asa, Singapura malah berhasil membalas melalui crossing tendangan bebas yang berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Song Ui-young dan menyamakan skor menjadi 1-1.

Lanjut ke babak kedua, permainan lagi-lagi berhasil dikuasai oleh Timnas Indonesia, serangan bertubi-tubi pun dilancarkan Indonesia sembari mencari celah untuk kembali mencetak gol. Hingga akhirnya pada menit ke 67′ disaat Irfan Fandi terpaksa melakukan tekel kepada Irfan Jaya yang mendapat peluang emas, yang mengakibatkan Irfan Fandi harus diusir wasit dan memaksa Singapura bermain dengan 9 pemain.

Namun lagi-lagi, meski sudah bermain dengan jumlah pemain yang lebih sedikit, malah Singapur yang mampu memanfaatkan peluang dan mencetak gol melalui Free Kick yang sangat indah dari Shahdan Sulaiman pada menit ke 74′.

Ketinggalan 1 gol sempat membuat permainan pemain Timnas sedikit buyar dan malah Singapura yang melakukan lebih banyak serangan. Hingga akhirnya pada menit ke 87′ Pratama Arhan melalui kerjasama yang baik dengan Witan Sulaeman berhasil menyamakan kedudukan dan membuat Timnas bisa sedikit bernafas lega.

Sebenarnya Singapura sempat mendapat Peluang emas untuk mengamankan Tiket ke Babak Final apabila Faris Ramfli bisa mengekseksui Pinalti dengan baik yang didapatkan Singapura pada penghujung babak kedua. Namun penyelamatan gemilang dari Nadeo Argawinata berhasil mengamankan pinalti tersebut dan terus menjaga asa Indonesia untuk memenangkan pertandingan.

Masuk ke babak Extra Time, Timnas Indonesia yang unggul dari jumlah pemain berhasil menguasai jalannya pertandingan dan menciptakan banyak peluang, namun performa gemilang juga ditunjukkan oleh Penjaga Gawang Singapura, yaitu Hassan Sunny dan membuat Indonesia cukup kesulitan untuk membobol gawang sang Tuan Rumah.

Hingga akhirnya kebuntuan berhasil dipatahkan melalui gol bunuh diri Shawal Anuar pada menit ke 91′ dan gol Egy Maulana Vikri pada menit ke 105′ serta kartu merah yang didapatkan Hassan Sunny pada menit 119′, sekaligus menjadi penutup pertandingan dengan skor 4-2 untuk Indonesia yang berhasil membuat Timnas mengamankan tiket ke babak Final.

Image

Hasil yang cukup memuaskan seluruh Rakyat Indonesia, namun Timnas tidak boleh cepat berpuas diri setelah mengalami kesulitan untuk memenangkan pertandingan melawan “hanya” 9 pemain Singapura, mengingat lawan yang akan dihadapi di Babak Final AFF 2020 kali ini tidaklah mudah, yaitu antara Vietnam ataupun Thailand yang akan memainkan Leg ke-2nya pada hari Minggu setelah Leg pertama dimenangkan Thailand dengan skor 2-0.

Meski begitu, Siapapun lawannya Timnas harus terus berjuang dan membawa Piala AFF untuk pertama kalinya ke Tanah Air Indonesia..

(wisnu)