July 20, 2024

Rabol

Ragam Berita Online

Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy Dukung kerjasama PA Stabat, Kemenag Langkat dan Disdukcapil

rabol.id – Langkat: Pj Bupati Langkat H. M. Faisal Hasrimy, AP., M.Ap menerima audiensi dari Kepala Pengadilan Agama Stabat bertempat di Ruang Kerja Kantor Bupati Langkat, Rabu (13/03/2024).
Audensi ini bertujuan bahwasanya terkait kerjasama sama Kegiatan Pelayan terpadu sidang isbat nikah, penertiban buku nikah, kartu keluarga dan akta kelahiran untuk perkawinan tidak tercatat masyarakat kabupaten Langkat.
Dalam hal ini Pengadilan Agama Stabat sebagai pelaksana sidang isbat nikah yang selanjutnya bekerja sama dengan Kantor Kementrian Agama Langkat sebagai pemberi buku Nikah sah dan Catatan sipil sebagai bukti admistrasi sudah melaksanakan nikah yang sah yaitu mengeluarkan akta kelahiran dan KK.
Terkait program itu masyarakat yang belum tercatat sah menikah dalam negara dikenakan biaya mandiri sebesar Rp. 420.000 berlaku untuk seluruh wilayah Kabupaten Langkat.
Evawaty, S.Ag.,M.H selaku Kepala PA Stabat menyampaikan bahwa persyaratan kerjasama tersebut sudah dipersiapkan tinggal menunggu persetujuan dari Pj Bupati Langkat
“Kami akan membuat MOu antara Pengadilan Agama Stabat, dinas dukcapil dan kemenag Kabupaten Langkat. Semua berkas sudah kami persiapkan tinggal menunggu persetujuan dari bapak PJ Bupati” ucapnya.
Faizal Rizal Matondang, S.Sos,M.AP menjelaskan bahwa dasar kami melakukan kerjasama ini dikarenakan ribuan pasangan di Kabupaten Langkat masih belum melaksanakan nikah secara sah tercatat dinegara.
” Ada ribuan pasangan yang belum tercatat sah, sehingga kami punya inisiatif untuk meringankan beban mereka baik dari ekonomi maupun administrasi agar mereka tercatat oleh negara” ucapnya.
Pj Bupati Langkat H. M. Faisal Hasrimy, AP., M.Ap menyambut dengan sangat baik kerjasama tersebut.
“Ini merupakan hal baru, saya sangat mendukung untuk ini bisa segera terlaksana. Harapan saya ini bisa menekan angka perceraian yang secara otomatis akan menekan angka kemiskinan dan stunting” ucapnya.
” Nanti saya akan minta Kecamatan untuk sosialisasikan program ini” tambahnya.
Turut Hadir Sekda Kabupaten Langkat H.Amril Nasution,S.Sos., M.AP, Staff ahli bidang SDM, Sosial dan kemasyarakatan H. Sujarno, S. Sos, Kepala Pengadilan Agama Stabat Evawaty, S.Ag.,M.H, Kadis Dukcapil Faizal Rizal Matondang, S.Sos,M.AP, Plt Kadis Kominfo H.Sutrisuanto, S.Sos, M.AP, Wakil Kepala pengadilan agama Stabat Dr. Sri Armaini, S.H ., M.H, Panitera Pengadilan Agama Stabat Fuad Hilmi Nasution.
Sekretaris Pengadilan Agama Stabat Sahlan Hasibuan, S.H, Kabag Umum  H. Mahardhika Sastra Nasution,S.STP, MAP, Kabag Protokol Winanda Akbar, S.STP dan Kabag Kesra Muhammad Suhaimi,S.STP.SP.(wik)