July 20, 2024

Rabol

Ragam Berita Online

Musrenbang RKPD 2025, Faisal Hasrimy Ajak Kawal Pembangunan Kabupaten Langkat

rabol.id – Langkat: Pj. Bupati Langkat H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP mengahadiri Musrembang RKPD kabupaten Langkat Tahun 2025. Di Pendopo Jentera Malay Rumdis Bupati Langkat, Senin (4/3/2024).
Musrenbang RKPD kabupaten langkat Tahun 2025 dilaksanakan berdasarkan dasar hukum sesuai dengan undang-undang nomor 25 tahun 2024 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional Permendagri 86 tahun 2017.
Latar belakang Musrenbang  RKPD Tahun 2025 yaitu melaksanakan azas perencanaan pembangunan daerah yang berorientasi pada proses dengan menggunakan pendekatan top down dan button up.
Sri Bana Perangin Angin, SE selaku ketua DPRD kabupaten Langkat menyampaikan bahwa pemerintah kabupaten Langkat mengadakan Musrenbang RKPD Tahun 2025 yang bertujuan untuk membahas menyepakati usulan rencana kerja kegiatan daripada pemangku kepentingan dalam melaksanakan program prioritas lintas sektoral
“Seperti yang tertuang dalam dokumen-dokumen yang ada pada media utama konsultasi publik” ucapnya.
“Harapan kami semoga   pokok-pokok pikiran kami dari DPRD kabupaten Langkat mohon di realisasikan melalui SKPD terkait” harapnya.
PJ Gubernur Sumatera Utara dalam Hal ini di wakili kadis Pendidikan sumatera utara Ir. Abdul Haris Lubis, M.SI menyampaikan dalam kesempatan tersebut pemerintah Provsu memberikan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh pihak yang telah mendukung berjalannya kegiatan ini
“Terkhusus kepada Pj. Bupati Langkat. Semoga ini menjadi kemajuan pembangunan di Kabupaten Langkat” harapnya.
Selanjutnya dalam mendukung pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan Provinsi Sumatera Utara diharapkan kabupaten Langkat dapat mensinkronkan tujuan dan prioritas yang dimaksud dalam RKPD Tahun 2025  antara lain :
1. Peningkatan Kualitas  sumber daya Manusia dalam rangka menjawab permasalahan pendidikan, kesehatan, pembangunan Gender, dan perlindungan Anak
2. Peningkatan pertumbuhan ekonomi inklusif dalam rangka menjawab permasalahan kemiskinan, tenaga kerja,, kesejahteraan petani, dan kontribusi sektor pariwisata
3. Peningkatan kualitas pembangunan infrastruktur dalam rangka menjawab permasalahan meningkatnya kualitas interview jalan, meningkatnya akses hunian yang layak ketahanan pangan dan pertanian berkelanjutan.
4. Peningkatan tata kelola pemerintahan Nyang berkualitas dan inovatif dalam rangka menjawab permasalahan keberlanjutan akuntabilitas pengelolaan keuangan dan aset daerah.
H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP selaku PJ. Bupati  Langkat dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Musrenbang RKPD kabupaten Langkat Tahun 2025 merupakan rangkaian proses yang di mulai dari desa sebagai wadah untuk berdiskusi dan bertukar pikiran antara pemangku kepentingan untuk mengakomodir usulan-usulan pembangunan dari bawah.
“Artinya pendekatan pembangunan tidak hanya pembangunan perencanaan dari atas atau top down planning melainkan mengakomodir pendapat, masukan, pemikiran positif dari bawah atau bottom up planning” ucapnya.
Faisal Hasrimy berharap  dukungan Serta peran DPRD Kabupaten Langkat untuk mengawal dan memastikan keselarasan penganggaran dan pelaksanaan pembangunan kabupaten Langkat.
“Saya juga menghimbau kepada seluruh pimpinan perangkat darah serta seluruh stakeholder untuk berpikiran terbuka, memiliki pola pikir kedepan ,terintagtatif dan inovatif” ucapnya.
Turut Hadir Perwakilan PJ.  Gurbernur Sumatera Utara dalam hal ini diwakili oleh Kadis Pendidikan provinsi Sumatera Utara Ir. Abdul Haris Lubis, M.SI,  Seluruh Forkopimda Plus Kab. Langkat, Anggota DPRD provinsi Sumatera Utara, Ketua DPRD kabupaten Langkat Sri Bana Perangin-angin, SE, Perwakilan Dandim 0203/ Langkat, Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmad Husein Simatupang,S.I.K,SH,MH, Kajari Langkat Mei Abeto Harahap, SH, MH, yang mewakili Pengadilan Negeri Stabat, Kepala Bapelitbang Provinsi Sumatera Utara dalam hal ini diwakili oleh Kabid Bidang Infrastruktur dan kewilayahan Dr. Ihsan Azhari, S. Sos, MSP, Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat  H. Amril, S.Sos, M.AP, Para Penjabat pimpinan tinggi administrator dan pengawas dilingkungan Pemkab Langkat, Perwakilan Kepala BNN kabupaten Langkat, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Langkat H. Ainul Aswad, S. Ag, MA, Ketua MUI Langkat H Zulkifli Ahmad Dian. Lc. MA dan Para Camat se-kabupaten Langkat.