September 29, 2022

Rabol

Ragam Berita Online

Muspika Pancur Batu Ops PPKM Level 3 dan Swab Test Acak di Pasar Tradisional

Muspika Pancur Batu

Rabol.id-Medan Benteng: Muspika Pancur Batu Ops PPKM Level 3 dan Swab Test Acak di Pasar Tradisional. Lonjakan kasus Covid 19 terus terjadi hampir setiap hari nya di seluruh wilayah, termasuk pula di wilayah Kec Pancur Batu. Di tengah masa pandemi Covid 19 saat ini, Penerapan PPKM Level 3 telah di tetapkan Pemerintah sebagai langkah antisipasi untuk mengatasi lonjakan kasus Covid 19 di beberapa Kecamatan wilayah Kab Deli Serdang, termasuk pula di Kec Pancur Batu. Hal ini tentu nya mengharuskan seluruh Aparat Pemerintahan bersama TNI dan Polri yang ada di Kec Pancur Batu untuk bersinergi melakukan berbagai upaya dalam menangani lonjakan kasus Covid 19 tersebut. Sabtu (31-07-2021)

Muspika Kec Pancur Batu melaksanakan Penerapan PPKM Level 3 sekaligus Swab Test acak terhadap pengunjung Pasar Tradisional Pancur Batu, khusus nya yang kedapatan tidak memakai masker. Hal ini di lakukan untuk memutus mata rantai penularan virus Covid 19 di seluruh wilayah Kec Pancur Batu di masa Penerapan PPKM Level 3 saat ini. Karena di Pasar Tradisional Pancur Batu ini selalu ramai di kunjungi orang setiap hari nya, terlebih lagi di hari Pekan Pasar Tradisional Pancur Batu seperti hari ini.

Beberapa pejabat Muspika Kec Pancur Batu yang terlihat hadir dan ikut melaksanakan kegiatan, Camat Pancur Batu Ibu Sandra Dewi Situmorang, S.STP, M.Si, Kapolsekta Pancur Batu Kompol Dedi Dharma, SH, Danramil 0201-14/PB Kapten Inf Sabur Utomo, Direktur RSU Pancur Batu Dr Dameria Ginting, Kasi Trantib Kec Pancur Batu Fajar Tambunan, S.STP, Babinsa Koramil 0201-14/PB, Bhabinkamtibmas,Tenaga Kesehatan dari RSU Pancur Batu dan UPT Puskesmas Tuntungan.

Kegiatan Penerapan PPKM Level 3 sekaligus Swab Test acak hari ini di awali dengan Apel Persiapan seluruh Personil dan Perlengkapan yang di Pimpin oleh Camat Pancur Batu Ibu Sandra Dewi Situmorang, S.STP, M.Si. Selanjut nya seluruh Personil yang terlibat kegiatan terlihat aktif dan penuh tanggung jawab melaksanakan Himbauan dan Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid 19 kepada warga yang di jumpai di Pasar Tradisional Pancur Batu, baik itu padagang atau pun pembeli yang sedang mekakukan aktifitas pada hari Pekan ini, guna mendukung Program Pemerintah Pusat dalam hal Penerapan PPKM Level 3 di wilayah Kec Pancur Batu.

“Peran nyata kita dari Muspika Kec Pancur Batu sangat di butuhkan dalam menyikapi laju penambahan warga yang sudah terkonfirmasi positif Covid 19 di wilayah Kec Pancur Batu. Untuk itu, pada hari ini kita akan turun langsung ke Pasar Tradisional Pacur Batu guna mendisiplinkan warga agar memahami tentang dampak dan bahaya dari virus Covid 19 ini. Serta selalu menekankan kepada warga untuk memakai masker apa bila melakukan aktifitas apa pun di luar rumah, terlebih lagi jika berinteraksi langsung dengan orang lain di tempat keramaian.” Demikian hal yang di sampaikan oleh Camat Pancur Batu Ibu Sandra Dewi Situmorang, S.STP, M.Si dalam arahan nya saat memimpin Apel Persiapan kegiatan hari ini.

Pada kegiatan Operasi Penerapan PPKM Level 3 dan Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid 19 di hari Pekan Pasar Tradisional ini, sekaligus juga di laksanakan Swab Test acak khusus nya bagi warga yang kedapatan tidak memakai masker ketika berada di Pasar Tradisional tersebut. Karena hingga saat ini masih banyak di jumpai warga yang tidak memakai masker ketika sedang melakukan aktifitas di Pasar Tradisional Pancur Batu, meskipun saat ini tengah di berlakukan PPKM Level 3 di wilayah Kec Pancur Batu. Pelaksanaan Swab Test acak tersebut langsung di lakukan di areal Pasar Tradisional Pancur Batu dengan melibatkan Tenaga Kesehatan dari RSU Pancur Batu dan juga dari UPT Puskesmas Tuntungan.

“Di tengah tinggi nya angka lonjakan kasus warga yang positif terpapar virus Covid 19 saat ini, masih banyak kita jumpai warga yang belum mematuhi Protokol Kesehatan Covid 19, dengan tidak memakai masker dan menjaga jarak di Pasar Tradisional ini. Hal ini tentu nya sangat kita sayangkan di tengah upaya gencar yang kita lakukan saat ini untuk menangani pandemi Covid 19. Hari ini kita langsung melakukan Swab Test acak kepada warga yang tidak memakai masker tersebut, guna memastikan kondisi kesehatan mereka. Disamping itu, kita juga memberikan teguran dan sanksi kepada warga yang kedapatan tidak memakai masker ketika sedang berada di Pasar Tradisional Pancur Batu ini, demi memutus mata rantai penyebaran virus Covid 19 di wilayah Kec Pancur Batu. Terlebih lagi di masa Penerapan PPKM Level 3 saat ini, di mana Pasar Tradisional Pancur Batu ini selalu ramai di kunjungi warga dari seluruh wilayah Kec Pancur Batu, bahkan juga dari luar wilayah Kec Pancur Batu pada hari Pekan seperti saat ini.” ujar Danramil 0201-14/PB Kapten Inf Sabur Utomo sambil memonitor langsung kegiatan hari ini.

Kegiatan Penerapan PPKM Level 3 berupa Pendisiplinan Protokol Kesehatan dan Swab Test acak yang di laksanakan oleh Muspika Kec Pancur Batu pada hari ini merupakan salah satu tindakan nyata yang dapat di lakukan untuk mencegah semakin bertambah nya lonjakan warga yang positif terpapar virus Covid 19 di wilayah Kec Pancur Batu. Tentu nya hal ini akan berhasil apabila di dukung penuh oleh seluruh warga, terlebih pada masa Penerapan PPKM Level 3 seperti sekarang. Dengan harapan bersama agar masa pandemi virus Covid 19 yang sulit ini bisa segera di lalui.(wisnu)

Sumber : medanbenteng.com