July 22, 2024

Rabol

Ragam Berita Online

Kurangi Resiko, Plt Bupati Langkat Buka Pendidikan dan Pelatihan Tanggap Siaga Bencana 

Rabol.id – Langkat: Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin, SH menghadiri Pendidikan dan Pelatihan Tanggap Siaga Bencana Dinas Sosial Kabupaten Langkat di Bumper Kwarcab Langkat, Senin (06/11/2023).Sekaligus Pemberian Bantuan kepada Lansia dan Disabilitas.
Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin, SH mengatakan peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan tanggap siaga bencana untuk mengurangi resiko yang ditimbulkan akibat terjadinya bencana, dimana masyarakat menjadi garda terdepan sebagai relawan dalam membantu dan menginformasikan terkait terjadinya bencana.
“Untuk itu Kabupaten Langkat turut berbangga atas kepedulian dan tanggung jawab sosial dari seluruh masyarakat kabupaten Langkat. Hal ini dibuktikan dengan tersebarnya taruna siaga bencana lengkap di setiap kecamatan di kabupaten Langkat,” ucapnya
“Saya juga bangga karena dalam kegiatan ini peserta bukan hanya dari relawan Tagana melainkan juga dari organisasi sosial lainnya yaitu karang taruna sehingga ketika ada bencana, mereka dapat meringankan karena keberadaan mereka ada di setiap desa dan kecamatan se kabupaten Langkat,” tambahnya
Ia pun berharap melalui kegiatan ini, akan jadi sangat bermanfaat dan menjadi ajang silaturahmi kita untuk saling bertukar informasi serta meningkatkan pembelajaran sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas yang mulia dalam menghadapi kondisi alam dan sosial yang merupakan takdir Allah SWT.
“Saya juga mengharapkan agar sinergitas penanggulangan dan penanganan bencana ini tetap terjalin dengan baik antara pemerintah pusat, daerah dan masyarakat. Pesan saya bersungguh sungguh dalam mengikuti kegiatan ini sehingga selesai kegiatan ini pengetahuan maupun wawasan akan semakin bertambah dan dapat dimanfaatkan dalam pelaksanaan tugas kedepannya,” ucap Plt Bupati Langkat.
Laporan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Tanggap Siaga Bencana oleh Kepala Dinas Sosial Kab. Langkat Taufik Rieza, S.STP, MAP.
Pendidikan dan pelatihan tanggap siaga bencana ini dimulai pada tanggal 5-6 November 2023, diikuti oleh 200 peserta yang terdiri 100 orang dari Tagana dan 100 orang dari karang taruna se- kabupaten Langkat.
Dalam kegiatan ini Dinas Sosial juga memberikan bantuan untuk lansia dan disabilitas :
1. Bantuan program permakanan bagi lansia dan disabilitas sebanyak 100 orang
2. Bantuan program sandang bagi disabilitas sebanyak 180 orang
3. Bantuan program alat bantu (kursi roda) bagi penyandang disabilitas sebanyak 30 orang
” Saya ucapkan terima kasih kepada bapak Plt.Bupati Langkat dan saya juga mohon bimbingan dan arahan ya kepada seluruh peserta pendidikan dan pelatihan tanggap siaga bencana” ucap Kepala Dinas Sosial Kab.Langkat Taufik Rieza, S.STP, MAP.
Selanjutnya penyerahan simbolis kepada penerima bantuan program permakanan, program sandang dan program alat bantu (kursi roda) kepada lansia dan penyandang disabilitas.
Turut Hadir Sekretaris daerah Kab.Langkat H. Amril, S.Sos, M.AP, Kadis Sosial Taufik Rieza, S.STP, MAP, Kadis Kominfo H.Syahmadi, S.Sos, M.SP, PLT Kalak BPBD H.M.Ansyari,M.Kes, Kadis perhubungan Arie Ramadhany, S.IP, M.SP, Kabag Umum Mahardika Sastra Nasution, S.STP, M.AP, Kabag Protokol Winanda Akbar, S.STP, Ketua Karang Taruna Kab.Langkat Ahmad Senang, S.HI, MH. (Aldian)