June 16, 2024

Rabol

Ragam Berita Online

Kejuaraan Antar Kampung Kemenpora  Diikuti Ratusan Pelajar di Langkat

rabol.id – Langkat: Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin, SH diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. Sukhyar Mulyamin, S.Sos, M.Si menghadiri acara Kejuaraan Antar Kampung Kemenpora Tahun 2023 di Lapangan Alun-alun T. Amir  Hamzah, Senin (30/10/2023).
Pembukaan Kejuaraan Antar Kampung Kemenpora tahun 2023 diawali Senam SKJ Pelajar yang dipimpin instruktur Elvi Armaya Ketua Asiafi Kab.Langkat dan diikuti pelajar- pelajar Kabupaten Langkat.
Kejuaraan ini terdiri dari beberapa cabang olahraga diantaranya tenis meja, atletik dan bola voly yang akan dilaksanakan mulai 29 Oktober- 31 Oktober 2023.
Sambutan ketua panitia Abdul Rohim mengucapkan terima kasih kita kepada bapak Prof. Djohar Arifin yang memberikan asiprasi kepada kita khususnya di kab Langkat ini. Kejuaraan ini adalah program dari kemenpora Dan untuk Sumatera Utara hanya kabupaten Langkat yang menyelenggarakan kegiatan ini.
Semoga kegiatan seperti ini dapat diadakan setiap tahunnya. Terima kasih kami ucapkan seluruh panitia dan seluruh peserta yang telah berpartisipasi pada acara ini. Terima kasih juga kepada bapak Plt bupati yang telah mensupport acara kegiatan ini.
“Kejuaraan antar kampung ini terdiri dari 3 cabor yaitu tenis meja yang sudah dilaksanakan tanggal 29 Oktober 2023,  diikuti oleh144 peserta. Selanjutnya pertandingan voly yang akan di laksanakan hari ini dan besok, diikuti oleh 228 peserta dan cabang olahraga Atletik tingkat SD SMP yang diikuti oleh 128 orang,” ucapnya
Plt Bupati Langkat melalui Sukhyar Mulyamin menjelaskan bahwa Tarkam ini merupakan program baru yang diluncurkan oleh kementerian pemuda dan olahraga Republik Indonesia, dimana program ini menjadi unggulan dan prioritas dalam membudayakan olahraga di masyarakat.
Melalui kejuaraan ini, kemenpora ingin lebih fokus dalam pembinaan bidang olahraga, dimulai dari tingkat yang paling bawah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat yaitu tingkat desa atau kampung dengan tujuan pencarian bakat, silaturahmi dan mendukung industri lokal (UMKM).
“Saya atas nama pemerintah menyambut baik dengan digelarnya kejuaraan ini, harapan saya atlet atlet daerah atau kampung dapat menunjukkan kemampuannya sehingga membuka peluang untuk ke event lebih tinggi nantinya,” harapannya.
Selanjutnya Plt. Bupati Langkat yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan  H. Sukhyar Mulyamin, S.Sos, M.Si membuka Kejuaraan Antar Kampung Kemenpora 2023 mengucapkan “bismillahirrahmanirrahim, Senin 30 Oktober  Kejuaraan Antar Kampung Kemenpora 2023 secara resmi saya nyatakan dimulai.
Sambutan perwakilan Kemenpora Dr.Drs. Syamsudin, SH, M.Pd menyampaikan Permohonan maaf dan salam hormat dari bapak Kemenpora bapak Ario Bimo Nandito Ariotedjo, beliau meminta saya untuk hadir di kab.Langkat sekaligus mendampingi prof. Djohar untuk kegiatan ini.
“Semalam saya menghadiri final tenis meja luar biasa semangatnya padahal tarkam tapi sudah seperti PON untuk semangat nya” ucapnya.
Pertandingan antar kampung ini merupakan pesan bapak Jokowi ketika pelantikan bapak Kemenpora Republik Indonesia, bapak presiden memesankan hidupkan kembali pertandingan antar kampung. Beberapa tahun belakangan, tarkam tidak kelihatan hanya ketika menjelang 17 Agustus saja, ini bapak presiden meminta kembali hidup kan kembali.
“Mari segenap kita bergerak bersama menghidupkan kembali pertandingan antar kampung di kab Langkat ini,” ajaknya.
Kegiatan ini memiliki tujuan yaitu memunculkan bibit atlit yang ada di setiap kabupaten, kecamatan dan desa. 280 jt penduduk Indonesia namun atlet nya tidak bermunculan secara hebat karena pengusulan atlet di kampung, desa, kabupaten ada yang belum baik. Ini diharapkan menjadi talent dan supporting munculnya atlet- atlet berprestasi yang muncul dari kampung, kecamatan, kabupaten.
“Terdapat banyak kabupaten/kota tidak semua bisa dibiayai oleh kemenpora, kami harapkan pemerintah kabupaten dapat menghidupkan kembali melalui anggaran daerah yang ada. Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada kabupaten Langkat yang telah menerima kami dan kami harapkan ini bisa secara terus menerus untuk tahun yang akan datang,” jelasnya.
Bimbingan dan arahan Prof. Dr. Ir. H. Djohar Arifin Husin mengucapkan terima kasih luar biasa kepada masyarakat Langkat karena berkat kalian saya bisa duduk di DPR RI, lalu apa yang dibalaskan untuk orang yang mendukung saya salah satunya kegiatan ini. Lalu perjuangan untuk pendidikan telah saya ajukan untuk Beasiswa SD, SMP, SMA, SMK dan mahasiswa S1,S2, S3. Kemudian untuk dinas pariwisata ada 20 tempat wisata yang sudah saya perjuangkan.
“Langkat menjadi satu-satunya kabupaten di Sumatra Utara yang menyelenggarakan kejuaraan Antar Kampung Kemenpora RI 2023 ini. Alhamdulillah sebelumnya saya juga ada membuat kejuaraan sepak bola u-12, kemudian kejuaraan senam dan nanti kita tutup November drumband Se Sumatera Utara kita buat di Langkat. Ini berkaitan dengan sumpah pemuda karena ada tokoh Langkat yaitu  T. Amir  Hamzah yang terlibat langsung pada 28 Oktober 1928, jadi semuanya harus saya perjuangkan di Kabupaten Langkat ini,” ucapnya.
Selanjutnya penyerahan piala dan hadiah kepada juara cabang olahraga tenis meja oleh anggota DPR RI, perwakilan Kemenpora dan Plt. Bupati Langkat yang dalam hal ini di wakili oleh asisten Perekonomian dan Pembangunan.
Turut hadir Anggota DPR RI Prof.Dr.Ir.H. Djohar Arifin Husin, Perwakilan Kemenpora Dr. Drs. H. Syamsudin, SH, M.PD Staf ahli bidang hukum Kemenpora RI, Kadis Pemuda dan Olahraga Ngaturken PA, M.Pd, Ketua MUI Langkat H.Zulkifli Ahmad Dian Lc, MA, perwakilan dinas perindustrian, perwakilan Kemenag, perwakilan Kapolres Langkat, Lurah Stabat Baru, Tokoh Masyarakat. (Aldian)