July 22, 2024

Rabol

Ragam Berita Online

Dinas Perpustakaan Gelar Cerita Rakyat & Launching Aplikasi SIBAKAT

SIBAKAT

Rabol.idLangkat: Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin, SH diwakili Sekretaris Daerah Langkat H. Amril, S.Sos, M.AP menghadiri Lomba Cerita Rakyat Tingkat SD/MI sederajat Se-Kabupaten Langkat, dan Grand Launching Aplikasi Sistem Baca Langkat (SIBAKAT), di Taman Budaya T. Amir Hamzah Stabat, Rabu 9 Agustus 2023.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan H. Romarlan Harahap, SH menyampaikan Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan. Dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2014 tentang pelaksanaan undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan

Sementara maksud dan tujuan lomba cerita rakyat dilaksanakan, jelas Romarlan, bertujuan sebagai untuk meningkatkan minat dan kegemaran membaca khususnya di kalangan anak-anak tingkat sekolah dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Langkat.

Juga untuk menumbuhkan kecintaan akan budaya bangsa atau kearifan lokal dan untuk membiasakan serta melatih anak untuk hidup cerdas memiliki mental dan kreatif .

“Dalam kegiatan ini sebanyak 53 peserta yang berasal dari SD/MI yang ada di kabupaten Langkat,” sebutnya.

Selanjutnya,terang Romarlan, adapun tujuan pengembangan Aplikasi Perpustakaan Digital Sistem Dara lengkap ( SIBAKAT) adalah untuk memberikan kemudahan kepada pengguna Perpustakaan atau masyarakat untuk mengakses bajak Pustaka tanpa Harus ke Perpustakaan.

“Aerta dapat mengakses buku Perpustakaan dimana saja dan kapan saja pada waktu dan kesempatan yang tidak terbatas,” ujarnya.

Sekretaris Daerah Langkat H. Amril, S.Sos, M.AP menyampaikan dalam undang-undang No. 43 Tahun 2007 menjelaskan pada kita bahwa Perpustakaan merupakan wahana belajar sepanjang Hayat.

Serta dapat mengembangkan potensi masyarakat agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, Berakhlak Mulia, Sehat, Cakap, Kreatif, serta Mandiri.

“Berbagai Upaya yang dilakukan pemerintah dalam membudayakan Gemar Membaca yaitu dengan menyediakan fasilitas-fasilitas yang mendukung Budaya Baca dan Literasi serta Program-Program dalam bentuk kegiatan Lainnya dan apapun salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan Budaya Baca melalui Lomba Bercerita sebagaimana Pelaksanaan acara Pada Hari ini,” ujarnya.

Selanjutnya, Sekda mengatakan, melalui kegiatan lomba-lomba dan kegiatan lainnya di harapkan mampu menumbuhkan Budaya Baca Bagi Masyarakat Guna mendukung program peningkatan minat dan budaya baca yang tentunya juga perlu di dukung dengan fasilitas dan Literatur yang memadai.

“Atas nama pribadi dan kedinasan saya menyampaikan Apresiasi yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberi Dukungan Atas Terlaksananya kegiatan ini dengan Harapan dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan. Kiranya kita semua baik dari pemerintah Daerah maupun Swasta dapat Bersinergi untuk melakukan berbagai kegiatan dan inovasi yang dapat memacu semangat Baca Bagi Masyarakat Kabupaten Langkat,” ucapnya.

Selanjutnya, kepada Sekretaris Daerah kabupaten Langkat H. Amril,S.Sos, M.AP didampingi perwakilan kepala dinas Perpustakaan dan arsip provinsi Sumatera utara, seluruh perangkat daerah yang berhadir, camat Hinai, Rektor STAI JM Tj. pura, untuk melakukan penekanan Tombol Sirine Sebagai Tanda diresmikannya Lomba Bercerita Rakyat Dan Launching Aplikasi Perpustakaan (SIBAKAT) .

Serta, penyerahan secara Simbolis Stand Banner dan Totem SIBAKAT kepada:
1. Kabag pengadaan Barang dan Jasa kab. Langkat
2. Sekwan DPRD kab Langkat
3. kadis Dukcatpil Kab. Langkat
4. Camat Hinai
5. Rektor STAI JM TJ. Pura
6 Kasek SMA N. 1 Stabat
7 Kasek SMP N. 5 Stabat
8. Kasek SD 056635 Pasiran Air Hitam
9 Ketua Taman Baca Masyarakat kab. Langkat
10. Ketua Formalindo

Turut Hadir Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan H. Romarlan Harahap, SH, Mewakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera utara, Sekretaris DPRD kab. Langkat Drs. Basrah Pardomuan, Kabag Organisasi dan Tata Laksana Beni Sukmaria Ginting, S. Kom, M. AP, Kabag pengadaan barang dan jasa David Helgod Pardede, S.IP, M.SP, Rektor STAI JM TJ. Pura Dr. Mhd. Saleh, SHI, MA, Camat Hinai Bahrum, SE, Para kepala sekolah SD/ MI Se-Kabupaten Langkat, Para kepala desa kabupaten Langkat yang berhadir, Ketua dan Pengurus Formalindo kabupaten Langkat yang berhadir, Tim juri dan Pendamping serta anak- anak peserta lomba yang berhadir. (bela)