June 16, 2024

Rabol

Ragam Berita Online

Danramil 0201-14/PB Mediasi Pertikaian Antar OKP Kec Namo Rambe

Danramil

Rabol.id-Medan: Danramil 0201-14/PB Mediasi Pertikaian Antar OKP Kec Namo Rambe. Bertempat di Kantor Camat Namo Rambe, melaksanakan Mediasi terhadap Dua Ormas yang ada di Kec Namo Rambe. Kegiatan Mediasi ini merupakan imbas dari Pertikaian antara oknum Ormas IPK dengan oknum Ormas PP yang selama ini sudah kerap terjadi di wilayah Kec Namo Rambe. Kamis (12/8/2021)

Tercatat bahwa peristiwa Pertikaian yang terahir terjadi antara oknum kedua Ormas ini terjadi pada hari Sabtu (07-08) kemarin sekitar pukul 08.00 wib. Dimana pada hari Sabtu pagi tersebut telah terjadi Perseteruan antar oknum OKP Pemuda Pancasila (PP) dengan oknum OKP Ikatan Pemuda Karya (IPK) di wilayah Desa Delitua Kec Namorambe.

Perseteruan yang terjadi pada pagi hari tersebut juga merupakan rentetan dari Perseteruan dan Pertikaian terdahulu, dimana Pertikaian tersebut di picu oleh tindakan sekelompok Pemuda yang di duga merupakan oknum OKP PP membongkar Plank OKP IPK serta melakukan penganiayaan terhadap beberapa anggota OKP IPK. Kejadian tersebut terjadi di wilayah Desa Delitua Kec Namo Rambe.

Akibat dari tindakan pembongkaran Plank IPK dan penganiayaan anggota OKP IPK yang di duga di lakukan oleh oknum OKP PP tersebut, tentunya telah menyebabkan situasi memanas antara kedua OKP, akibat dari kemarahan dan emosi spontan dari OKP IPK yang tidak terima terhadap tindakan pembongkaran Plank dan penganiayaan anggota OKP IPK tadi. Namun demikian, situasi yang memanas ini dapat di redam oleh Personil dari Polsekta Namo Rambe, Personil dari Koramil 0201-14/PB beserta Personil dari Staf Trantib Kec Namo Rambe, sehingga tidak terjadi Perkelahian atau pun saling serang antara kedua OKP tersebut.

Dan untuk menindak lanjuti kejadian Pertikaian tersebut, pada siang hari tadi telah di laksanakan Mediasi oleh Muspika Kec Namo Rambe guna menyelesaikan konflik yang selama ini sudah kerap terjadi di antara kedua OKP yang ada di Kec Namo Rambe ini.

Adapun beberapa point yang di hasilkan dalam Mediasi yang di laksanakan di Kantor Camat Namo Rambe adalah Agar masing masing anggota OKP yang bertikai dan berseteru untuk menahan diri dan tidak melakukan hal hal yang melanggar hukum, Masing masing Ketua OKP baik dari PP maupun IPK agar memerintahkan anggota nya untuk tetap menjaga kondusifitas dan kamtibmas di wilayah Kec Namo Rambe, Mempercepat Proses Hukum yang sudah di laporkan salah satu OKP kepada Pihak Polsekta Namo Rambe, agar tidak menimbulkan kecurigaan dan saling tuding yang berkelanjutan.

Pada kegiatan Mediasi antar OKP yang di lakukan hari ini, tampak hadir beberapa Pejabat Muspika Kec Namo Rambe, yang di antara nya, Camat Namo Rambe Amos F Karo Karo, S.Sos, M.AP di dampingi Sekcam dan Kasi Trantib Kec Namo Rambe, Kapolsekta Namo Rambe AKP Antonius Ginting, SH di dampingi Waka Polsekta, Kanit Sabhara dan Kanit Reskrim Polsekta Namo Rambe, Danramil 0201-14/PB Kapten Inf Sabur Utomo di dampingi Danpos Ramil 0201-14/PB, Perwakilan OKP dari IPK Rudi Hartono selaku Ketua Harian PAC IPK Kec Namo Rambe beserta Pengurus PAC dan Ranting IPK.

“Diharapkan melalui kegiatan Mediasi yang kita laksanakan pada hari ini, dapat meredam situasi agar tidak menjurus kepada Konflik dan Perkelahian di antara oknum anggota OKP yang ada di wilayah Kec Namo Rambe. Sehingga kita seluruh nya bisa menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif dan aman di wilayah kita ini.” Demikian di sampaikan Danramil 0201-14/PB Kapten Inf Sabur Utomo pada kegiatan Mediasi antar OKP tersebut. Selanjut nya akan kembali di lakukan Mediasi lanjutan agar di dapat penyelesaian yang adil untuk di jalankan oleh OKP PP dan IPK yang ada di Kec Namo Rambe.(wisnu)

Sumber : Medanbenteng.com