July 25, 2024

Rabol

Ragam Berita Online

Babinsa Koramil 0201-14/PB Monitor Pelaksanaan Swab Test PCR

Babinsa

Rabol.id-Medan Benteng: Babinsa Koramil 0201-14/PB Monitor Pelaksanaan Swab Test PCR. Setelah di konfirmasi tentang ada nya beberapa orang warga Desa Tuntungan II Kec Pancur Batu yang positif terpapar Covid 19 beberapa waktu lalu, Satgas Covid 19 Desa Tuntungan II melaksanakan langkah dan upaya untuk memutus mata rantai penularan virus Covid 19 ini di seluruh wilayah Desa Tuntungan II. Salah satu upaya yang di lakukan oleh Satgas Covid 19 Desa Tuntungan II untuk mendukung hal tersebut adalah dengan melaksanakan Swab Test PCR kepada 27 orang warga Desa Tuntungan II Kec Pancur Batu yang pernah melaksanakan kontak erat sebelum nya dengan warga yang sudah terkonfirmasi positif Covid 19 tadi. Jumat (30/7/2021).

Pelaksanakan Swab Test PCR terhadap 27 orang warga Desa Tuntungan II Kec Pancur Batu yang berpotensi terpapar virus Covid 19 akibat melakukan kontak erat dengan warga yang sudah positif terpapar virus Covid 19 tersebut di laksanakan oleh Satgas Covid 19 Desa Tuntungan II bekerjasama dengan UPT Puskesmas Tuntungan. Swab Test PCR yang di gelar di Balai Desa Tuntungan II ini di laksanakan dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan dan APD lengkap bagi seluruh Tenaga Kesehatan yang bertugas.

Kegiatan Swab Test PCR ini penting di lakukan untuk mengetahui kemungkinan ada nya warga lain yang telah terpapar virus Covid 19, sehingga dapat segera di laksanakan langkah pencegahan dan upaya untuk mengatasi nya. Babinsa Koramil 0201-14/PB Pelda Gatot yang ikut memonitor pelaksanaan Swab Test PCR hari ini menyampaikan bahwa seluruh Tenaga Kesehatan yang bertugas dalam kegiatan Swab Test PCR hari ini berasal dari UPT Puskesmas Tuntungan di bawah Pimpinan Kepala UPT Puskesmas yakni Dr Tetty Keliat.

“Swab Test PCR yang di laksanakan pada hari ini merupakan bagian dari tugas Satgas Covid 19 Desa Tuntungan II untuk menangani penyebaran virus Covid 19 di wilayah Desa Tuntungan II terkait ada nya beberapa orang warga yang sudah di nyatakan positif terpapar virus berbahaya ini beberapa waktu yang lalu. Hal ini merupakan Atensi dari Kepala Desa Tuntungan II Bapak Sudarsono untuk memeriksa sebanyak mungkin warga Desa Tuntungan II agar di ketahui jumlah warga yang mungkin sudah terpapar oleh virus Covid 19 pada saat ini.” Demikian penjelasan Babinsa Koramil 0201-14/PB Pelda Gatot saat memonitor langsung kegiatan Swab Test PCR hari ini.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Tuntungan II Bapak Sudarsono juga memberi penjelasan kepada warga yang hadir untuk melaksanakan Swab Test PCR hari ini, guna mengetahui kondisi kesehatan warga Desa Tuntungan II yang sudah pernah melakukan kontak erat tersebut. “Kami dari Pemerintah Desa berharap agar kegiatan Swab Test PCR ini di laksanakan dengan maksimal dan penuh tanggung jawab. Kita harapkan melalui pelaksanaan nya Swab Test PCR ini, bisa mengetahui siapa siapa saja warga kita yang sudah terpapar virus Covid 19. Sehingga kita bisa membuat langkah dan kebijakan untuk mencegah penularan virus Covid 19 agar tidak semakin meluas di wilayah Desa Tuntungan II.” ujar Kepala Desa Tuntungan II Bapak Sudarsono selaku Ketua Satgas Covid 19 Desa Tuntungan II di lokasi pelaksanaan Swab Test PCR hari ini, (30-07).

Pelaksanaan Swab Test PCR hari ini juga tampak di hadiri oleh Sekdes, Bidan Desa, para Kepala Dusun dan Anggota Satgas Covid 19 Desa Tuntungan II. Selanjut nya seluruh sampel Swab Test PCR yang sudah di ambil hari ini akan di periksa di Lab untuk mengetahui secara pasti dan akurat hasil nya, serta akan di sampai kan segera kepada masing masing warga yang mengikuti kegiatan Swab Test PCR hari ini oleh Bidan Desa pada hari senin yang akan datang.
(14/PB).

Sumber : medanbenteng.com