June 25, 2024

Rabol

Ragam Berita Online

Babinsa Koramil 0201-14/PB Monitor Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Qurban

Babinsa

Rabol.id-Medan Benteng: Babinsa Koramil 0201-14/PB Monitor Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Qurban. Moment perayaan Lebaran Idul Adha 1442 H yang jatuh tepat masih di tengah masa pandemi Covid 19 dan Penerapan PPKM Darurat Terbatas pada 8 Desa yang ada di wilayah Kec Pancur Batu. Namun di tengah segala kondisi tersebut, tidak menyurutkan niat warga untuk melaksanakan Ibadah Qurban guna memaknai perayaan Lebaran Idul Adha tahun ini. Tentu nya dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat serta membuat pembatasan jumlah Panitia serta Pendukung kegiatan penyembelihan hewan qurban tersebut. Selasa (20/7/2021).

Hal ini harus di laksanakan, mengingat saat ini Pemerintah bersama unsur TNI Polri sedang gencar menerapkan PPKM Darurat Terbatas di beberapa Desa yang berada di wilayah Kec Pancur Batu untuk menekan lonjakan kasus positif terpapar virus Covid 19. Sehingga pelaksanaan penyembelihan hewan qurban pada Lebaran Idul Adha kali ini harus benar benar menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat agar tidak menimbulkan kerumunan warga.

Untuk memastikan agar kegiatan penyembelihan hewan qurban hari ini berjalan sesuai dengan aturan dan ketentuan pada masa Penerapan PPKM Darurat Terbatas, beberapa orang Babinsa Koramil 0201-14/PB tampak memonitor langsung pelaksanaan penyembelihan hewan qurban tersebut di beberapa Mesjid yang ada di Desa Tuntungan II dan Desa Baru Kec Pancur Batu. Bersama Perangkat Desa, para Babinsa Koramil 0201-14/PB terus berkeliling untuk menyampaikan kepada Panitia Qurban untuk membatasi jumlah orang yang terlibat membantu penyembelihan hewan qurban tersebut, serta nanti nya Panitia Qurban yang membagikan dan mengantar langsung daging qurban yang telah di kemas dalam bungkusan plastik ke rumah rumah warga yang menerima nya. Hal ini di lakukan demi mencegah terjadi nya kerumunan warga yang menunggu di tempat penyembelihan hewan qurban.

“Pada hari ini kita sudah berkeliling di beberapa tempat yang sedang melaksanakan penyembelihan hewan qurban dalam rangka merayakan Lebaran Idul Adha tahun ini. Kita tetap menekankan kepada Panitia Qurban yang kita temui, untuk tetap melaksanakan Protokol Kesehatan Covid 19, hindari kerumunan warga, dan nanti nya Panitia Qurban yang mengantar langsung daging qurban tersebut ke rumah rumah warga yang menerima nya.” ujar salah seorang Babinsa Koramil 0201-14/PB Pelda Suryadi ketika menemui Panitia Qurban di halaman salah satu Mesjid yang berada di Desa Baru Kec Pancur Batu. Terlihat juga Kepala Desa Baru Bapak Stevanus Tarigan, SE beserta Perangkat Desa Baru ikut berkeliling bersama Babinsa Koramil 0201-14/PB dalam kesempatan itu.

Seperti hal nya yang di lakukan di Desa Baru, demikian juga yang di laksanakan di Desa Tuntungan II Kec Pancur Batu. Babinsa Koramil 0201-14/PB Pelda Gatot juga melakukan hal yang sama terhadap seluruh kegiatan penyembelihan hewan qurban yang di laksanakan di beberapa Mesjid wilayah Desa Tuntungan II pada moment perayaan Lebaran Idul Adha hari ini. Bersama Perangkat Desa Tuntungan II, Pelda Gatot juga langsung menemui Panitia Qurban untuk tetap mengingatkan Penerapan Protokol Kesehatan yang ketat dan menghindari kerumunan warga pada kegiatan penyembelihan hewan qurban hari ini.

“Kita tentu nya tidak ingin terjadi klaster baru penularan virus Covid 19 pada saat penyembelihan hewan qurban serta pembagian daging qurban hari ini akibat berkerumun nya warga di tempat ini. Sehingga saya sebagai Babinsa bersama Perangkat Desa tetap berkeliling untuk memastikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini berjalan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang telah di tetapkan Pemerintah.” ujar Pelda Gatot yang di dampingi oleh Kepala Desa Tuntungan II Bapak Sudarsono pada kesempatan tersebut.

Terpantau hingga hampir selesai nya kegiatan penyembelihan hewan qurban pada hari ini, tidak terjadi kerumunan warga baik itu di wilayah Desa Baru maupun di wilayah Desa Tuntungan II. Tentu nya hal ini dapat terjadi berkat kesigapan dan upaya bersama yang di lakukan Babinsa Koramil 0201-14/PB bersama Perangkat Desa dalam memberikan Himbauan dan Penekanan langsung kepada seluruh Panitia Qurban, agar tetap menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat selama pelaksanaan kegiatan penyembelihan hewan qurban. Hal ini di harapkan dapat mencegah terjadi nya penyebaran virus Covid 19 di seluruh wilayah Kec Pancur Batu. (14/PB).(wisnu)

Sumber : medanbenteng.com