June 16, 2024

Rabol

Ragam Berita Online

Babinsa Koramil 0201-05/MB Laksanakan 3T

Babinsa

Rabol.id-Medan: Babinsa menjadi ujung tombak TNI AD dalam memutus penyebaran Covid-19 di tanah air. Bersinergi dengan jajaran terkait baik bersama Polri, pemerintah daerah bahkan Satgas Penanggulangan Covid-19 terus dilakukan. Sabtu (21/8/2021).

Tak hanya itu, pendekatan di tengah masyarakat untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan juga makin digencarkan guna menumbuhkan semangat bersama untuk melawan penyebaran Covid-19.

Menindaklanjuti instruski dari Panglima TNI, Koramil 0201-05/MB turut mengerahkan Babinsa untuk terjun di tengah masyarakat. Salah satunya melibatkan Babinsa bersama petugas Puskesmas atau Tenaga Kesehatan (Nakes) untuk melacak kontak erat atau 3T tracing, treatment dan testing dari warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Danramil 0201-05/MB Kapten Czi Soni P Ginting menyampaikan, keterlibatan Babinsa dalam pelaksanaan penelusuran yang terpapar, sebagai tindakan percepatan penanganan kasus Covid-19, kegiatan pendampingan Melacak merupakan tugas TNI dimasa pandemi.

“Babinsa yang merupakan ujung tombak satuan teritorial di lapangan di harapkan dapat menjadi agen pencegahan, pendeteksian dan penanggulangan terhadap penyebaran Virus Corona di wilayah tugas dan tanggung jawabnya sehingga dapat mengambil tindakan deteksi dini dan cegah dini, agar tidak semakin meluas,” tandas Danramil.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk menghentikan Pandemi Covid 19. Guna mengendalikan penyebaran virus tersebut. Salah satu identitas terhadap orang-orang yang melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19 dengan istilah pelacakan kontak, tujuanya untuk menghambat penyebaran infeksi ke kerumunan besar atau komunitas melalui pemutusan rantai transmisi.

Pelacakan kontak dilakukan untuk melihat siapa saja yang telah bertemu dengan penderita virus corona, yang juga akan memudahkan petugas kesehatan untuk mengambil tindakan agar virus tidak menyebar semakin luas. Tugas dari tim Contact Tracing adalah menemukan kasus baru, kontak kontak erat, Edukasi kepada masyarakat, kontak kasus konfirmasi dan kontak erat. (05/MB).

Sumber : Medanbenteng.com

x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x