July 24, 2024

Rabol

Ragam Berita Online

Audiensi dengan Pj Bupati Langkat, PMI Langkat Berharap Langkat Tampung Pengungsi Rohingya

rabol.id – Langkat: Pj Bupati Langkat H. M. Faisal Hasrimy, AP., M.Ap menerima audiensi dari PMI  Kabupaten Langkat bertempat di Ruang Kerja Kantor Bupati Langkat, Rabu (13/03/2024).
Dalam audensi ini, PMI Langkat menyampaikan pokok pikiran dan program yang akan dijalankan untuk tahun 2024 ini.
PMI Langkat juga meminta kepada Pj Bupati Langkat  memberikan perizinan untuk pengungsi Rohingya di Kabupaten Langkat.
” Kami diperintahkan oleh PMI Pusat dan Sumut, karena ini merupakan tanggung jawab kami untuk memperhatikan pengungsi Rohingya, kami diperintahkan oleh PMI pusat untuk membawa pengungsi Rohingya ke Langkat” ucapnya.
” Kami telah kordinasi dengan sempurna Tarigan pemilik universitas Putra abadi mereka punya pusantren yang bersedia menampung pengungsi Rohingya di pondoknya tersebut” tambahnya.
PMI Langkat Afrizal Khan menyampaikan bahwa pengungsi tersebut 2-3 bulan lagi baru dipindahin ke Langkat jika mendapat perizinan, untuk izin sementara ada 137 pengungsi Rohingya.
” Ini bersifat sementara, kalau yang di Belawan sudah kosong akan dipindahkan kesana. UNHCR, PMI prov, IOM dan UNHCR yang akan membantu untuk sumber dana baik perlengkapan ibadah, makanan, minuman dll” ucapnya.
Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy menyampaikan bahwa pemerintah kabupaten Langkat juga telah dikirim surat oleh Kementerian Menkopolhukam terkait untuk menerima pengungsi Rohingya
” Kami sudah mengadakan rapat , pada prinsipnya semua bisa menerima dari sisi kemanusiaan. Namun adanya penolakan dari masyarakat terutama dari desa pantai gemi tersebut. Mereka sudah ada membuat pernyataan. Makannya kami belum ada menghasilkan kesimpulan” ucap Pj Bupati.
“Hari ini kami akan membalas surat dari kementerian untuk menjawab keadaan gimana aslinya di Kabupaten Langkat ini” tambahnya
“Kami menghargai niat baik dari PMI Langkat, cuman kami masih berusaha untuk meyakinkan ke masyarakat dulu terkait itu. Kami tidak mau nantinya ada konflik dimasyarakat, kami masih melakukan pendekatan terkait itu” ucapnya.
Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy berharap pada PMI Langkat  kedepannya untuk sinerji yang sudah baik, terus dijalankan terus ditingkatkan sehingga kedepannya kita bisa sama sama membuat Kabupaten Langkat lebih baik lagi dalam masalah kesehatan dan lainnya.
Turut hadir Sekda Kabupaten Langkat H.Amril Nasution,S.Sos., M.Ap, Staff ahli bidang SDM, Sosial dan kemasyarakatan H. Sujarno, S. Sos, Plt Kadis Kominfo H.Sutrisuanto, S.Sos, M.AP, Kadis PPKB dan PPA dr Sadikun Winato, Kadis Kesehatan dr.Juliana, MM, Afrizal Khan, S.Kom Ketua PMI Langkat dan  Drs. H. Taufik Siregar sekretaris Sekretaris PMI Langkat.(ikp).